Senin, 03 September 2007

Listrik: Benua Etam

Minggu kemaren PEmda dan DPRD kaltim sempat kebakaran jenggot gara2 pidato SBY mengenai DAU (dana anggaran umum). Melihat besarnya APBD daerah2 kaya (termasuk Kaltim)yang dianggurin di bank BI dalam bentuk SBI (sertifikat bank Indonesia) membuat pemerintah pusat bertanya2 apa emang sudah makmur tuh daerah sampe masih banyak dana yg diendapkan di BI (yg di kaltim jumlahnya sampe triliunan), dan akhirnya mengambil keputusan untuk memangkas dana DAU di beberapa daerah (dan denger2 untuk kaltim akan dipotong 75%).

Terang saja pemda dan DPRD kaltim pada protes ga setuju dengan alasan bagaimana dengan pembangunan kaltim? tapi coba kita liat dalam perencanaan mereka mengatur dana APBD. dengan dana yg jumlahnya triliunan hanya untuk kaltim, gada terasa manfaatnya bagi masyarakat. contohnya saja listrik yg sering mati. bayangin aja di tempatku ini jadwal mati lampunya bikin dongkol, klo hari ini mati lampu siang ( jam 07.00 - 17.00) maka besok jadwalnya mati malam (jam 18.00- 22.00) dan lusa baru gak mati seharian, dan begitu seterusnya, aneh kan?padahal dana perawatan PLN tuh ada sampe ratusan juta tapi kemaren padam total bpp. smd, tgr, karena trafonya meledak. Lalu bagaimana pemerintah pusat gak
menganggap kita kaya, baru2 ini aja DPRD mencanangkan pembangunan Sport center di kantor DPRD, dengan alasan anggota DPRD juga butuh olahraga, dgn dana yg mencapai miliaran. terang aja warga protes, buat apa sih mereka buat sport center? mending GOR aja yg dibaikin.

Lalu tentang dana Bansos yg setelah rapat2 yg ga jelas kemudian malah dibagi2 kan pada setiap anggota DPRD sebesar 400 juta, ketika ditanya kenapa,mereka berdalih agar memudahkan pembagian dana ke daerah2, jadi tinggal ajukan aja ke anggota DPRD, cara yg anehkan? lalu untuk apa ada panggar? blum lagi tunjangan2 untuk anggota DPRD yg aje gile, bayangin aja tunjangan rumah mereka sebulan 15 juta bo!!klo misalnya uang2 ntu benar2 dipergunakan untuk pembangunan kaltim tentunya dalam 5 tahun aja kita bisa sepesat Jakarta. belum lagi penerimaan2 di beberapa tempat yg masih mengandalkan KKN. jadi jgn heran bila anggota DPRD kita atw pemda banyak yg korupsi, soalnya mereka kerja berfikir bagaimana supaya mengembalikan uang yg dipake mereka buat nyogok.

so buat org2 yg berkompeten tapi kere.....minggir dulu deh sampe org2 yg beduit udah kerja semua. miris emang tapi begitulah kehidupan disini, semua ditentukan oleh dua hal UANG dan BUBUHAN. pernah ada satu ide gila yg tercetus di otakku, pangkas generasi!!hehheeh tapi kayaknya ga mungkin banget yah, bisa masuk penjara deh, atuuttt......

Memang di bebrapa kota da pembangunan yg lumayan gila2an, misalnya di BPP atw SMD, tapi kebanyakan yg dibangun juga hal2 yg menguntungkan, seperti Mal, sedangkan untuk hal2 yg berguna sprti sekolahan atw fasilitas2 pendidikan, huh! non sense. liat aja nasib PERPUSDA kita, sedih dyeh.....atw perkembangan teknologi kita (misalnya: layanan internet dan hot spot) hik..hik..patheatic.

ohya ada sih yg dikembangkan, kebutuhan internet, tapi untuk kantor2 Pemda, dan sejak ada internet para pegawainya rajin online tiap hari, buka situs porno!!hahahahah dan akhrinya tuh komputer pada lemot semua so begitulah wajah benua etam saat ini, tampak tenang2 aja diluarnya tapi saling menggerogoti didalamnya, sedangkan mahasiswanya? mungkin sudah cari ciri khas org Kaltim yg nota bene org mampu dan cuek, sehingga mereka ga pernah protes soal2 gitu, selama itu tidak mengganggu mereka

pikirkankah....

so teman2ku tercinta,
yg punya solusi yg konkrit dan jitu,
cepatlah pulang............
key!!!

(SUMBER: tribun kaltim, kaltim post, dan obrolan sekitar)

W. Maylinda
Anak Anggana
Kimia Univ. Mulawarman

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Pertanyaan gw standar?

MAHASISWA KEMANA?

Pada sibuk ngurus TA, skripsi dan lain2? Nonton sinetron sampah sambil nangis2?

Sibuk dakwah kesana kemari tapi ga mau belain rakyat (ini juga nahi mungkar bung!)? Mabok2an di Crown, Zona cafe, dan tempat dugem lain?

Atau cuman nongkrong2 di tepian/mall yg notabene ga kena efek mati lampu?

Entahlah ...

Itu mungkin bedanya mahasiswa sini (jawa-red) dan sono (kaltim-red)

Anonim mengatakan...

huhuhu..sedih rasanya klo inget mahasiswa..eh bukan ding, generasi muda di kaltim. emang bener kita orang ini jarang punya inisiatif, minimal pemikiran buat perubahan di Kaltim. gw seneng, kita kita disini masih koar2 tentang Kaltim, dan meskipun kritikan setidaknya itu memperlihatkan kita peduli.

masalah listrik mati. emang brengsek! kemaren2 gw sempet ngebaca hal yang bikin gw ketawa. di koran dengan bangganya Pertamina akan menambah pasokan sehubungan dengan banyaknya pemakaian genset di Kaltim.

Helllooooo... bumi pertiwi nan ruhui rahayu... coba kalian cermati baik2. ngga enak kan kedengerannya.. scara Pertamina aset pemerintah. lah, mati lampu kok dikomersialisasikan?! sama pemerintah juga lagi! olala ...apa kata dunia?! dari pada sibuk nyari pasokan minyak buat genset yagn jelas2 ngga bisa dinikmati rakyat banyak, mending duit minya buat genset dibuat baikin tu PLN..

menurut laki gw yang emang antek PLN, Kaltim emang punya fasilitas PLN yang paling jelek! sampe gw suka malu kalo dikatain "katanya Kaya, tapi kok mati lampu mulu..."

teman2 sekalian. udah ngga bisa lagi dipungkiri. bangsa kita semakin terpuruk! sisa2 nasionalisme hanya dimiliki oleh kaum2 tua. kaum muda?!God Damn! idealisme kala kuliah doank! kalau pun sekarang kita ini hanya bisa ngomong ngalor ngidul di sini, jangn pernah lupa buat mewujudkan cita2 kita2 bersama!yang penting jika nanti kita udah di atas. jangan lupa dengan pembicaraan kita ini. apalagi klo ada yang jadi gubernur kaltim. makanya tin, jangan haur bepacaran aja ikam!ato siapa lah nanti yang akan menduduki posisi penting, baik pejabat atau orang2 berpengaruh, bangun lah kaltim bukan untuk menambah lingkar perut kita, tapi bangunlah kaltim untuk memperbaiki kebodohan negeri ini, sehingga yang namanya ruhui rahayu, gerbang dayaku, asih manuntung, untung beliung,(apalah namanya) dan segala macam slogan harapan bangsa itu dapat benar2 terwujud. AMin....