Senin, 03 September 2007

Mahasiswa Kaltim



Aksi mahasiswa Kaltim terkait isu sosial di daerahnya?

Setauku ada beberapa demo ttg listrik yang dimobilisasi oleh mahasiswa Unmul kalo ga salah, cuman ya itu tadi, tampaknya hanya sekedar berjemur, berteriak, trus pulang. Sekedar ngomong doang, padahal, meminjam kata iwan, 'kamu taw apa?!'. Yap, mereka tau apa? Sekedar menjalankan salah satu tugas mahasiswa yang katanya sebagai agent of change? Agar tampak di mata masyarakat idealismenya?

Tapi tetap ga ada perubahan.. Gimana mau ada perubahan, kelanjutannya aja ga jelas -kalo ga mau dibilang ga ada-. Habis teriak2 penuh emosi, istirahat, trus bubar, pulang sendiri2..
Kalo kata iwan, kalian cuman ngomong doang, ya emang bener.

Saat ini taraf kita hanyalah sekedar ngomong, memunculkan ide2 baru, menganalisis, dan mencoba mencari solusi. Udah, cukup sampe situ dulu.. Kita masih belum berkompetensi untuk melakukan langkah2 kongkrit dengan hasil yang nyata. 'Belum', bukan 'tidak'.

Hal ini bener2 kurasain waktu kkn kemaren. -He, ada gunanya juga kkn-

Mahasiswa, bahkan s1 sekalipun keahliannya memang di teori, sekedar tahu doang.
Ok, ada yang namanya praktikum, tapi cuman untuk sekedar mencoba biar tahu kan. Belum sampe pada kemampuan produksi. Contoh gampangnya aja, yang kuliah peternakan jurusan produksi ternak mungkin masih kagok waktu diminta untuk memerah sapi. Tapi para peternak yang bahkan SD pun ga, apalagi mengenyam teori2 ternak sapi, buta aksara pula, malah lebih lihai memerah sapi.

Anak-anak teknologi pertanian, jurusan pengolahan pangan pun bakal malu untuk presentasi cara masak yang baik di depan ibu-ibu PKK. Yah.. smua sudah ada keahlian masing2... Kalau memang taraf kita masih pada bicara, knapa itu jadi masalah? Sungguh itu merupakan suatu proses pembelajaran yang sangat berarti. Masih ingat proses kan? Buanglah jauh-jauh budaya instan yang terus menggerogoti bangsa ini.

Aku ga akan bicara banyak tentang Kaltim saat ini, karena memang aku ga punya data2 yang akurat tentang itu. Miris bgt liat data-data yang teman-teman tunjukkan. Pengen terkejut, tapi aku emang dah tau kaya gitu. Cuman ga ngerti pastinya aja..

Aku jadi bertanya, apakah ini dampak dari pemberlakuan otonomi daerah? Dimana para pelakunya masih orang-orang lama yang licik dan mengeruk keuntungan sendiri. Liat aja, tiap daerah berlomba membangun -walaupun ga tampak hasilnya secara nyata- daerahnya masing-masing. Bahkan terkesan saling menjatuhkan, ga mau kalah.

Samarinda dan Kukar berebut mau bikin bandara. Samarinda bikin IC ga selesai-selesei, eh Balikpapan juga mau bikin. Kalo semuanya jadi pusat, gimana bisa? Semua daerah bikin pusat olahraga gede2an, taraf internasional. Tapi siapa yang mau pake tu fasilitas kalo orangnya cuman dikit? Hasilnya ya pembangunan yang ga tepat sasaran, apalagi tepat guna. Karena ya itu tadi, cuman sekedar gengsi..

Beberapa hari lalu waktu nemenin bapakku dan temen-temennya jalan-jalan di jogja. Temen bapakku mengomentari soal aspal jalan. Katanya jogja ini dapat duit dari mana kok bisa jalannya mulus-mulus, padahal kaltim yang duitnya banyak jalannya lobang-lobang.. Bapakku cuman jawab dengan bertanya padaku, harga gas disini brapa. Kujawab sekitar 40-45. Tuh kan, kata bapakku.. Di sana gas sampe 60an. Padahal gas dari mana? Temen bapakku cuman bisa tertawa miris..

Aku sih tetep sibuk nunggu taksi aja, hehe...
Apa yang bisa kita lakukan untuk merubah keadaan ini?
Siapa yang berwewenang untuk mengubah keadaan ini?
Haruskah punya jabatan? Gubernur, bupati, walikota?
Itu semua berbau politik..
Masalahnya adalah, maukah kita terjun ke politik demi keinginan di masa muda untuk merubah keadaan bangsa?
Suatu pertanyaan yang aku sendiri ga berani menjawabnya.

Ataukah kita kembali ke sikap, ah ngapain ngurus gituan, yang penting gw bisa makan kenyang?
Sebenernya, aku tambah semangat bikin kafe. Bukan hanya sekedar nyari untung, tapi ada suatu keinginan untuk mengubah pola pikir masyarakat Kaltim.

Aku pengen bikin tempat nongkrong yang representatif. Muter lagu-lagu slow, jazzy tunes, ato lounge-lounge gitu. Bukan lagu-lagunya ungu, kangen, ato apalah band-band yang disukain di sana.

Trus yang utama sebagai tempat untuk diskusi non formal juga. Nah budaya diskusi ini yang jarang banget ada di sana. Paling kita-kita aja lewat milis gini. Mungkin ini salah satu cara untuk berbagi pengalaman ke mereka tentang kehidupan di luar sana, di jawa, di sulawesi, yang katanya lebih maju. Syukur-syukur kalo ada banyak komunitas yang bisa masuk. Daripada ngumpul di tempat dugem, ga bisa ngobrol.. Lagunya paling2 kucing garong..
Cuman yang jadi masalah adalah, kalo listrik padam gmana?
Hehe...

Dari awal indonesia ini emang sudah salah kok..
Individualis smua! Boong bgt kalo ada yang mementingkan kelompok.
Bahkan bila mementingkan kelompok pun, pada dasarnya untuk kepentingan pribadi. Tul ga?
Dengerin aja tu lagu kebangsaan, Indonesia Raya -ato endonesia raya?-
Ga ada sama skali kata 'KITA', smua pake 'AKU, KU'

F. Aldino
Anak Samarinda
Psikologi UGM

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ga ada kata lain selain setuju ama omongan lo fer. Sayang lo dulu ga jadi ketua OSIS, hahahaha. Mirip sama apa yg gw pikirin. "...Aku jadi bertanya, apakah ini dampak dari pemberlakuan otonomi daerah? Dimana para pelakunya masih orang2 lama yang licik dan mengeruk keuntungan sendiri. Liat aja, tiap daerah berlomba membangun -walaupun ga tampak hasilnya secara nyata- daerahnya masing2.... Hasilnya ya pembangunan yang ga tepat sasaran, apalagi tepat guna. Karena ya itu tadi, cuman sekedar gengsi.. ".

Kenapa masalah ini ga selese2? Apa mungkin karena orang2 kaya kita yg punya pikiran bagus gini ga berani masuk buat ngebenerin? Sepertinya begitu. Justru mungkin orang2 yg ga kepikiran kya gini yg akhirnya megang kekuasaan2 penting di pemerintah. Karena itu gw dukung sapa aja yg mau masuk pemerintahan. Gw pun kalo ada kesempatan pgn lah bersumbangsih ke pemerintahan, tapi ga lewat pemerintah. Loh? Gimana sih Dang? Ya bisa aja dong. Kan kita masih punya media, LSM, lembaga agama, organisasi kemasyarakatan lain, yg bisa ngontrol pemerintahan, kasi solusi, bikin isu, bikin pinter rakyat, dan macem2 hal positip lain.

GG Wihardy
Anak Samarinda
Geofisika ITB

Anonim mengatakan...

Per, klo lampu mati malah keren jadi tempat diskusi! inget ngga jaman tetua kita dulu, perjuangan ngga usah muluk2! apa adanya! merumusin serangan merah putih di sanga2 ngga pake lampu kok..(emang, lah pake otak donk...)

maksud gw, jaman dulu kalo diskusi pun ngga ada lampu, lilin pun jadi..suasananya kan malah smemakin akrab..dlam temaram.. kita bisa numbuhin semangat itu lagi loh!
ceehh..(sisa2 17an masih membara..)

Ega
Anak Samarinda
Teknik Industri STT Telkom