Senin, 03 September 2007

Kaltim Kaya??


Jembatan Tenggarong


Soal KalTim ya? (padahal kemaren aku dah buat resume yang ku ambil dari skripku, tapi sekarang ga kebawa). Talking 'bout wealthy, PDRB or PDB cuma masalah sebutan aja. Kalo ngomong wilayah kota/kab or propin, kita pake PDRB, kalo negara pake PDB or GNP. Toh PDB akumulasi dari PDRB nantinya. PDRB KalTim tahun 2005 menduduki peringkat ke-5 setelah DKI, JATIM, JABAR n JATENG (Profil Kaltim, 2006). Kalo sekarang mah ga tau tepatnya urutan ke berapa, setelah JATIM dengan Lapindo, DKI dengan Banjir, dll. Tapi prestasi yg cukup ngebanggain tentunya, dibanding daerah or propin lain di indonesia. Tapi jangan salah, PDRB tinggi ga slalu mencerminkan majunya suatu daerah. Pertumbuhan vs distribusi pendapatan, juga menjadi pemicu kemajuan daerah. Well, pertumbuhan KalTim yg meski kenaikkannya fluktuatif, tapi cenderung stabil dibanding daerah lainnya, yang jelas ga ngalamin penurunan slama 5 thn terakhir. Tapi masalah distribusi pendapatan, error banget hasilnya. OverLoad. Banget.... banget.

Secara Tipologi daerah (cross antara pertumbuhan dan PDRB per kapita), KalTim termasuk dalam kategori daerah cepat maju cepat tumbuh. Tapi semua balik ke pemprop lagi khan gimana realisasinya. Bukannya Pemerintah Pusat ga ada perhatian lho dengan daerah-daerah KTI macam KalTim ini. Emank sih pas awal pembangunan (orde baru) dulu, pelaksanaan pembangunan diskenariokan tidak seimbang, yaitu terpusat dipulau jawa, dengan alasan ketersediaan sarana dan infrastruktur, juga SDM yang jauh lebih dibanding daerah lain, padahal belum tau aja ya mereka, kita punya orang-orang handal macam kita (serius!!!).

Sejalan waktu, KalTim mampu menunjukkan potensinya, ya dari PDRB itu. Upaya pemerintah untuk memajukan daerah-daerah KTI udah ada lho, antara lain dengan pembentukan daerah-daerah KAPET, pemberian insentif bagi investor swasta (keringanan pajak, penyediaan infras, dll)... Tapi lagi-lagi balik ke orang KalTim sendiri khan? Ternyata dan ternyata, dananya banyak dikorup sendiri sama pejabat-pejabatnya.

Satu lagi, hal paling susah yaitu, orang KalTim sudah beranggapan dirinya kaya... dan bakal stagnan disitu aja, tanpa mau berubah.

Dan aku juga baru tau kalo kekayaan suatu daerah, dilihat dr APBDnya... bukan dr PDRBnya. Makanya aku bingung, KUKAR koq sering disebut2 daerah paling kaya se Indo. Pdhl PDRBnya aja no.2 setelah BTG alias Bontang (untuk di KalTim). Lucu ya, ngukur kekayaan koq dari besar belanjanya, bukan dari penghasilannya. Pas pulang akhir Juli kemaren, aku selintas baca Tribun KalTim, Pemerintah Pusat mencabut subsidi pendidikan untuk 2 propin yaitu DKI n KalTim...

A. Nugraheni
Anak Tenggarong
Teknik Industri ITN & Studi Pembangunan Univ. Brawijaya

4 komentar:

Anonim mengatakan...

kamu taw apa tentang kutai???
bisanya cuma ngomong doang, ngajuin proposal kekurangan doang
ga ada solusi....t**!!!!
klean juga, banyak kali muntungnya, sotoy lu pada!!
kebanyakan ngomong....
t** semua...ngomong aja terus!

K. Dahri
Anak Tenggarong
Teknik Mesin ITB

Anonim mengatakan...

t** juga ni iwan ya.... peri juga....

tau ga si lo pada,,,,kalo dulu gw rencana bikin pabrik itu awalnya dari ngobrol2 juga? malah awalnya dari tugas dosen doang (bukan TA), yang bagi kebanyakan mahasiswa cuma sarana menuju kelulusan. trus abis itu kita ngobrol2, bermimpi punya duit sebanyak yang tertera di tabel excel. dan hasilnya....walopun gagal aku udah dapet duit kotor 10 juta dalam 3 bulan!! ditambah pengalaman dan koneksi. lagian aku gagalnya bukan gara2 salah di timku. tapi gara2 investornya sakit jantung!!!!!! buseeeeeetttttt...... gara2 itu juga aku dikejar2 mafia cina yang jadi calon eksportir. sampe didatengin ke kampus booo.... belom lagi tukang bikin alat yang udah di DP 50 juta! sayang banget ya duitnya si investor malang itu....
loh ko curhat....

gw jadi kepikiran nih.....gw kan nganggur nih. mau kuliah lagi males, mau kerja juga belom mood. jadi aku menawarkan diri buat mengusahakan gimana caranya biar bacot2 kita ini jadi kenyataan.

kalo mau ngubah negara ga bisa, dari yang kecil2 aja. gimana kalo kita bener2 bikin komplek sendiri seperti yang kita becandain dulu. yah,,,sebagai pilot project buat kaltim dululah. kalo di bandung mungkin kaya dago pakar kali ya,,, atau kota parahyangan baru, kalo di tangerang kaya serpong. liat aja, tangerang sekarang bisa berkembang pesat di banding kota2 banten laen gara2 serpong!!!! tapi kita lebih ke arah industrinya,,, jadi multi company gitu deh. kalo di game resident evil tu kaya umbrella corp (tul gung!?)

nah buat mewujudkan ngemeng2 ini.... kayanya kita harus bikin tim terpisah gitu deh.

1. anak2 teknik ngurusin rencana bikin pabrik, pembangkit listrik (seperti yang diemengin selama ini)
2. kaum sejenis feri ngurusin kafe ajalah, distro2, tempat dugem juga gapapa. (soalnya kayanya paling ngehasilin duit disini nih, anak kaltim kan goblok2, suka ngamburin duit, brantem, trus mati)
3. nah ini bagian, nyari info2, koneksi, ngelobi2, ngatur2 manajemen (ega cocok nih, ergonomis, ekonomis,bau amis dan kencing manis), iklan2, spanduk2, even2, jumpa pers (semacam puputlah, tau sendiri bacotnya )

pas kan. sma aja ada jurusan IPA,IPS sama bahasa.

tapi yang kedokteran gimana ya??? abis kemaren aja investorku kan mau buka RS-buat ngurusin jantungnya itu-dana awalnya aja abis setengah milyar. padahal udah kerjasama ama FK unpad(dokter2 unpad kalo ko as di hasan sadikin kejauhan).

nah gimana? aku bisa bilang gini soalnya aku pernah nyemplung di dunia beginian. tapi seperti yang aku bilang, kita harus rutin ngomong2 masalah ini. ga perlu serius2 amat. dirintis dikit2. pasang target aja. brapa ke'. 5 taun gitu...

tapi semuanya harus ngedukung. jangan bilang ga bisa. coba aja dulu. soalnya ini kan timwork. dan kalo mental kita masih kaya waktu kita OSIS, gw optimis ini bakal jalan (acara apa sih yang ga sukses dipegang ama kita????). soal dana, lagi2....mmm...kas OSIS kita dulu brapa dang??? apalagi sekarang kita punya akses ke orang2 beduit kaltim, rencana matang, otak2 plus, jebolan PT top, doa2 rakyat miskin, dan tentu saja sedikit hoki(orang cinanya cuma satu sih, blasteran sunda lagi!!! bah!!!). orang gw yang dulu statusnya masih mahasiswa aja bisa HAMPIR dapet modal 600juta.

kalo kita ga pengen jadi orang2 yang ngemeng doang. ayo buktiin sama2. HIDUP PERSIB!!!!! teamwork boooyyyyy......

buat bikin pembangkit listrik aja gw perlu orang2 mesin (spec burner, boiler, turbin, pipa, dll), orang elektro (instalasi dll), informatika(programlah!! apalagi!?), dll. jadi kalo yang setuju rencanaku ini cuma 5 orang aja, mending kita bikin kandang anjing aja!!!

nah, kalo belom apa2 udah pesimis, jangan deh sekali kali ngomentarin pemda kaltim yang nonton bokep dan perlu sarana olahsyahwat, bupati yang korup, mahasiswa kaltim yang bahodengan wae, sarjana2 yang ngejar duit doang, SDA kaltim yang abis diperes amerika, malahan harusnya penduduk dunia bersukur masih bisa naek mobil, daripada harta dunia dianggurin sama orang2 indonesia yang goblok ini.

lo juga wan, jangan bisa komentar doang. kalo mau, pelajarin spec turbin yang bener, bertapa dulu di lab torbak sama mbah brur!!! (biar orangnya udah lulus, hantunya masih gentayangan tuh)

A. Nova
Anak Sempaja
Teknik Kimia ITB

Anonim mengatakan...

Buat Iwan tentunya...
ya syihhh... aq mungkin ga tau2 banget. Makanya aq banyak nyari tau, Wan. Mengorbankan keinginanq u/ nulis 'bout INFLATION TARGETING bwat skripq, dari awal semester, sjak aq tau kebijakan terbaru BI menetapkan inflasi sbg sasaran tunggal, aq interest bgt, Wan. Aq udh browsing kmana2, aq ikutin sminar2 yg bahas soal moneter di Indo ini. Tapi pas aq pulang, baca setumpuk bacaan bpkq, aq miris, Wan liat KalTim...makanya aq bela2in nulis TA yg jauh dr konsentrasi aq... alhamdulillah di izinin sm jurusan...

Proposal yg isinya ke kurangan... finalnya TAq juga ke referensi kebijakan bwat pemprop KalTim dalam pelaksanaan pembgunan slanjutnya. Ga' lucu donk wan.. TAq tiba2 ngasih solusi... "Eh, Kaltim mustinya gini lho, coba deh ini di ganti, ....." justru ini yg namanya bacot (ihhh kasar kali istilahnya). Setiap kita ngasih seseorg solusi harus ada masalahnya dulu khan?
Aq sewot sm pemerintahan kaltim bukan juga coz permohonan danaq ga distujui. Aq ngajuin minta dana juga ikut2an temen n diuruskan sm temen.

Aq ngga' tau ya, Wan... napa u slalu aja sewot sama apa yg qta obrolin. emank sekarang qta msh bisa bacot doank, dr bacot ini, akan numbuhin harapan diqta, untuk perubahan slanjutnya bg kaltim, dg harapan inilah aq yakin nggak cm 1 or 2 dr qta bakal punya usaha bwat wujudinnya. -sekiat bwat u,wan-

A. Nugraheni (penulis)

Anonim mengatakan...

ya...ya
gini aja deh, klo gw tantangin lo semua buat suatu rekening aja buat adek2 kelas kita aja yang ga mampu berani ga lu nyumbang sebagai penyandang dana tetap? AAA...kejauhan, sebagai penyumbang pertama ajalah berani ga haaaa?????
jangan ngomong aja lu!!!
lu dit, lu kan dah dapat 10 juta, lu nis berapa udah beasiswa yang lu terima dari kutai. Bukan lu bedua doang, gw juga gitu.
Jadi stop lah berkhayal....