Senin, 03 September 2007

Energi Alternatif

Masalah Listrik...

Kalo mau tu, tanya ke perusahaan pembangkit listriknya. ada masalah apa? Masalah di listrik bukan cuma gara2 dieselnya. Bisa juga sistemnya ga efektif.

Ada banyak cara biar lebih efektif,
1. melebarkan rentang ekspansi-kompresi steam
2. gabungan turbin gas dan uap
3. minimalisasi kebocoran heat
4. recycle, reuse
5. ganti bahan bakar alternatif


Limbah Gergaji

Yang bisa dibakar itu kan bukan cuma BBM atau batubara. Kaltim kan hutannya luas. Emang, kalo kita minta lahan 5 hektar ga bakal dikasih. Tapi kan ada yang laen. LIMBAH GERGAJI!!! berapa banyak sawmill yang ada di kaltim??? Pake aja tuh limbah buat jadi energi. Ga bakal ada yang protes kalo kita cuma minta SAMPAH!!! Ditambah lagi garis pantai kaltim kan lumayan juga. Ada banyak pohon kelapa. Nah batok kelapa itu juga bisa dibakar. limbah gergaji sama batok itu bisa digasifikasi jadi gas produser dan volatile matter. Ntar masuk turbin trus dibakar.

Yang kedua ya...
Biogas... tau ga kalo 1 kg tai bisa ngidupin lampu 5 watt selama satu malem??? Nah ntar buka aja warung "DIBELI KOTORAN MANUSIA". Emang sih tergantung viskositasnya juga. jadi ntar kalo mencret harganya lebih murah. Nah lagi2 sampah. Jadi dobel, ngurangin sampah sama nambahin listrik.

Nah, kalo dana... no comment. Secara gw kan bisnismen gagal yang di DO gitu yeeee...........

walopun negara kita semakin melemah,,,tetep...hidup persib!!!!!

A. Nova
Anak Samarinda yang sudah pindah ke Serang, Banten
Teknik Kimia ITB

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Yang lo kata nurut orang sampah ini emang bener, tapi tau ga napa ga ngetrend, karena untuk biaya ngurusnya lebih besar daripada yang dihasilkan, itu mungkin cuma untuk saat ini, mungkin kedepannya bakal ngetrend tapi ga sekarang dit, lo kira cuma lo yang mikir ttg bahan alternatif, trus orang2 pintar yang laen ga mikir?. 1KG taek cuma buat semalam idupin lampu 5 wat? buat apa dodol, mending beli batere ,hemat, ngurus taiknya lagi udah makan biaya. Pokoknya intinya ide lo itu mungkin masih kecepetan 10-20 tahun, jelas ga akan bisa untuk dikembangkan saat ini, mending kita hura2 aja yok dit maen dota.

Anonim mengatakan...

Oi bangsat ...
Ga usah ngebacot aja lo. Sok bikin proposal ttg ide lo secepatnya. Ntar kita bahas rame2. Kongkret kan? Dana dan tetek bengek diurus belakangan. Yg penting ada dulu rencana tertulisnya. Jadi gampang kalo mo ngapa2in. Kalo cuman ngemeng2 kaya gini aja, ga bakal jadi2. Gimana? Kan cuman elo yg tau secara lo calon process engineer gituh. Nanti dibahas, jadi ada masukan2 dari anak2. Mau beneran kejadian sekarang kek, tahun depan kek, 5 tahun lagi kek, itu urusan belakangan. Yg penting mumpung sekarang lagi hot, bahas draftnya dulu. Jadi kalo bener2 mau maju ntar udah ada persiapan.